Lagi Ramai Kasus Kebocoran Data, Nasabah Bank Mandiri Wajib Lakukan Ini Agar Saldo Rekening Tetap Aman

Mulai sekarang tingkatkan kewaspadaan dan lebih berhati-hati. Beberapa waktu terakhir jagat maya dihebohkan dengan kasus kebocoran data. Salah seorang warganet membongkar dugaan kebocoran data paspor baru. Parahnya lebih dari 30 juta data paspor baru itu diperjual belikan. Bukan itu saja, warganet juga sempat heboh dengan pengakuan penyanyi Nadin Amizah yang mengaku nomor pribadinya tersebar. Ia bahkan sampai menerima pesan dari orang tak dikenal sehingga mengganggu kehidupan pribadinya. Pengirim pesan itu mengaku mendapat nomor pribadi Nadin dari kebocoran data di salah satu marketplace.

Kasus kebocoran data memang sering kali terjadi dengan berbagai modus baru. Bahkan sejumlah pemilik rekening bank pun turut menjadi korban dari tindak kejahatan ini. Lalu bagaimana agar terhindar dari modus kejahatan ini?

Tips Terhindar dari Kebocoran Data dan Penipuan.

1. Jangan berikan data kartu kredit dan kartu debit Anda seperti PIN, masa berlaku kartu, 3 angka CVV dibelakang kartu, limit kartu, User ID, kata sandi, dan OTP kepada pihak-pihak yang tidak berkepentingan.

2. Gunakan PIN untuk mengotorisasi transaksi kartu kredit dan kartu Debit di EDC.

3. Ganti PIN dan password Anda secara rutin, terutama apabila Anda belum pernah mengganti password Anda. Untuk password yang kuat, Gunakan kombinasi huruf kapital, huruf kecil simbol, dan angka Jangan gunakan password default, tanggal lahir, Nomor HP, atau informasi pribadi lainnya.

4. Terima OTP tapi tidak transaksi? Mungkin akun Anda digunakan orang lain tanpa izin.

Segera hapus kartu debit dan kartu kredit Anda dari akun ecommerce.

5. Hindari klik tautan yang mencurigakan dari website, email, atau pesan dari orang yang tidak Anda kenal.

6. Selalu periksa identitas pengirim pesan untuk memastikan pesan tersebut sah dari akun resmi ecommerce Anda.

7. Simpan kartu kredit atau kartu debit serta data informasi yang ada di dalamnya di tempat yang aman.

8. Hindari login di perangkat yang bukan milik Anda, gunakan komputer atau perangkat mobile pribadi saat bertransaksi online untuk mengurangi risiko pencurian password dan informasi pribadi lain.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Segera tandatangani bagian belakang kartu yang baru Anda terima.

2. Pantau histori transaksi kartu debit dan kartu kredit Anda di Livin' by Mandiri secara rutin. Untuk informasi transaksi lebih aktual, aktifkan notifikasi mutasi rekening melalui SMS atau Whatsapp (WA).

3. Pastikan alamat situs yang Anda akses adalah resmi milik bank ataupun situs belanja online yang tepat untuk menghindari pencurian data kartu kredit dan kartu debit Anda.

Tips: lakukan perbandingan dengan hasil Google / Bing / Yahoo search untuk lebih memastikan alamat yang anda akses adalah alamat yang resmi.

4. Sebelum menyetujui transaksi, pastikan jumlah transaksi yang tercantum sesuai dengan jumlah transaksi Anda.

5. Simpan bukti transaksi untuk dicocokkan dengan tagihan yang Anda terima di kemudian hari.

6. Awasi selalu gawai/device Anda. Logout semua akun ecommerce sebelum melakukan perawatan/backup gawai dan jangan berikan userID/password kepada teknisi.

Sumber